Fakta- Fakta Menarik Mu'Min Refra Deklarator DPW-PKB Maluku

Mu'min Refra S.H. Salah satu deklarator PKB Maluku (foto : istimewa)
Mu'min Refra S.H. Salah satu deklarator PKB Maluku (foto : istimewa)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), adalah sebuah partai politik yang didirikan pada tanggal 23 Juli 1998 yang dideklarasikan oleh para kiai-kiai Nahdatul Ulama, seperti Minasit Ali, Ilyas Ruhiat, Abdurrahman Wahid, Mustofa Bisri, Zuhadi Faktur dan Muhits Muzadi.


PKB ikut serta dalam pemilu tahun 1999 bersaing dengan 49 peserta lainnya. Partai ini berhasil memperoleh 13.321.837 suara atau 12,62% dan 51 kursi di DPR, menjadi prestasi yang mengagumkan sebagai partai politik pendatang baru.

Dalam sistem politik lokal di Maluku, PKB juga sukses menorehkan berbagai prestasi, kader-kadernya bahkan meraih suara signifikan di tiap momentum Pemilihan Anggota Legislatif.

PKB hadir di Maluku pada tahun 1998. Salah satu deklarator PKB di Maluku  adalah Mu'min Refra.

Mu'min dalam Pileg 2019-2024 terpilih sebagai anggota DPRD Maluku.

Berikut fakta-fakta menarik dari Mu'min yang juga terdaftar sebagai calon  anggota dewan petahana asal PKB pada Pemilu 2024.

Terpilih Dari Dapil VI Maluku (Kab. Malra, Tual, Aru)

Secara geografis ketiga daerah otonomi tersebut memiliki karakteristik yang unik, terdiri dari gugusan  pulau-pulau, jumlahnya pun sangat banyak, capai ratusan pulau yang masih berpenghuni.

Dengan kondisi tersebut tidaklah gampang untuk menjangkau semua pemilih, apalagi bagi seorang pendatang baru dalam lanscap politik di tiga daerah tersebut.

Meski demikian, dengan upaya dan kerja keras Mu'min pun mencetak sejarah, sebagai kader PKB pertama yang terpilih dan dilantik menjadi anggota DPRD Provinsi Maluku, Periode 2019-2024 dari Dapil VI.

Sesuai dengan penetapan kursi DPRD Maluku, terdapat 45 anggota dewan. Delapan kursi mewakili Dapil VI. Pada Pileg 2019-2024, Mu'min satu-satunya pendatang baru yang terpilih dan sekarang duduk di Komisi I DPRD Maluku yang membidangi urusan hukum dan pemerintahan.

Ditetapkan Sebagai Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Maluku

Ketua dan anggota Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Maluku. (foto :@azis hentihu)

Meski baru pertama kali di DPRD Maluku, tapi sebagai bentuk penghargaan atas kepiawaiannya dan kerja kerasnya dalam menjalankan misi dan tujuan partai. PKB kemudian menunjuk Mu'min sebagai Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa di DPRD Maluku.

Fraksi Pembangunan Bangsa adalah gabungan Partai Kebangkita Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selama menjadi anggota DPRD Maluku, kehadirannya sangat dirasa manfaat oleh masyarakat yang memilihnya, pasalnya hampir seluruh aspirasi yang dititipkan masyarakat saat agenda reses di daerah pemilihan terjawab dengan tersalurnya beragam paket bantuan langsung, dan meningkatnya program-program pemberdayaan.

Mu'min sangat dikenal bukan politisi yang obral janji tapi senantiasa menunaikan apa yang diinginkan rakyat yang memilihnya.

Tepilih Sebagai Ketua IKA PMII Pertama di Maluku

Jelang pelantikan IKA-PMII Maluku. (foto: istimewa)

Mu'min juga tercatat sebagai salah satu aktivis nahdiyin saat menempuh pendidikan di Ambon, tercatat sebagai Ketua Komisariat PMII Unpatti Ambon tahun 1992-1993.

Bahkan saat hijrah ke Jakarta, Mu'min tetap aktif dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Dalam musyawarah wilayah pertama Ikatan Alumni PMII Provinsi Maluku yang berlangsung di Swissbelh Hotel, Mu'min kemudian dipercayakan oleh perwakilan dari 11 Kabupaten/Kota sebagai Ketua IKA-PMII Maluku

Pelantikannya sebagai Ketua IKA-PMII bahkan dihadiri sejumlah tokoh nahdiyin nasional, diantaranya Muhamin Iskandar  selaku Ketua Umum PKB yang sekarang terdaftar sebagai Calon Wakil Presiden 2024.

Bersama K.H Ma'ruf Amin dan Khofifah Dirikan PKB Maluku

Mu'min adalah politisi dari Ohoi (desa) Neron, sebuah daerah di Pulau Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara tepatnya di Kecamatan Kei Besar Selatan.

Meski lahir dan tumbuh dari keluarga sederhana nun jauh kala itu,  tak mengurungkan niat Mu'min untuk terus belajar.

Sempat menempuh pendidikan di Unpatti Ambon tahun 1993,  tapi kemudian hijrah ke Ibu Kota Negara dan berhasil menyelesaikan studinya pada fakultas hukum di salah satu universitas ternama Jakarta.

Mu'min Rerfa juga bukan sembarang politisi, dia adalah satu-satunya putra asal Maluku yang namanya tercatat sebagai Pendiri PKB Maluku. Namanya bahkan  sejajar dengan tokoh deklarator PKB Maluku lainnya yakni  K.H. Maruf Amin (Wapres RI saat ini) dan Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur saat ini).

PKB hadir di Maluku pada tahun 1998, deklarasi diadakan di Lapangan Merdeka Ambon. Saat itu suasana politik tanah air memang belumlah kondusif. Namun Mu'min tetap kukuh mengambil peran untuk mendeklarasikak kehadiran PKB di Maluku. (*)