Dua Tokoh Maluku yang Gabung TKN Prabowo-Gibran

Pengumuman TKN oleh Bacapres-Cawapres Prabowo-Gibran. Dok. CNN
Pengumuman TKN oleh Bacapres-Cawapres Prabowo-Gibran. Dok. CNN

Pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran telah mengumumkan susunan pengurus dan anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) yang bakal menjadi tim sukses di Pilpres 2024.


Terdapat  272 nama yang sudah bergabung dalam TKN. Mulai dari, mantan petinggi militer, pengusaha, kepala dearah, politisi kawakan, dan juga unsur lainnya. Menariknya ada dua tokoh mudah berdarah Maluku yang bukan unsur partai politik  tercatat pada daftar inti TKN Prabowo-Gibran.

Pertama; Wahab Talaohu

Wahab Talaohu adalah seorang tokoh reformis, saat ini menakodai Persaudaraan 98, organisasi yang beranggotakan para mantan aktivis 1998.

Mengawali karirnya sebagai Manajer Pemasaran diperusahaan Swasta tahun 2000, kemudian tahun 2012 menjabat sebagai Komisaris PT Semen Tonasa Indonesia (BUMN), dan pada tahun 2020 menjabat sebagai Komisaris PT Danareksa Finance (BUMN).

Pria kelahiran tahun 1974, merupakan lulusan Universitas Jakarta. Pada tahun 2022 berdasarkan SK Menteri BUMN No.SK -54/MBU/02/2022 tanggal 16 Februari 2022 Wahab ditetapkan sebagai Komisaris Independen PT.KBI (PT Kliring Berjangka Indonesia).

PT.KBI  adalah perusahaan BUMN yang bergerak dalam Industri perdagangan komoditi perannya sebagai pusat penjaminan dan penyelesaian transaksi.

Di TKN, Prabowo-Gibran, Wahab Talaohu menjabat sebagi wakil komandan relawan Prabowo-Gibran.

Kedua; Fachri Bachmid

Sebagai seorang pakar hukum tata  negara, Fachri Bachmid dipercaya sebagai wakil komandan Echo (Hukum dan Advokasi) yang dipimpin Hinca Pandjaitan.

Fachri memang bukan orang baru dalam dunia peradilan tanah air. Namanya sangat familiar di kalangan advokat. Pasalnya, tak sedikit perkara yang telah suskes ia tangani.

Bahkan dengan kepakarannya pada dunia hukum tata negara. Tak jarang, jasanya sering dipakai para calon kepala daerah  untuk dijadikan lauyer ketika sedang mengajukan gugatan hasil Pilkada di Maluku.(*)